Pengikut

Archives

Categories

Mitos Tidur Tertindih Roh Halus

Mungkin hampir semua dari kita pernah mendengar istilah tidur tertindih setan atau hantu. Dan apa mungkin teman anda pernah menceritakan bahwa dia tidak bisa bangkit dari tidurnya dipagi hari dan dia menambahkan melihat roh halus diatasnya yang sedang menindihnya.


Ada-ada saja.. heee. Tap benarkah itu? apa benar ada roh halus yang menindih kita pada saat kita tidur? Sebenarnya peristiwa itu dapat dijelaskan secara ilmiah. Peristiwa ini dikenal dengan istilah "Sleep Paralysis"(Kelumpuhan pada saat tidur).

Sleep paralysis(menurut Stanford) adalah "periode saat terjadi ketidakmampuan tubuh melakukan gerakan secara sadar baik pada saat tidur maupun saat terbangun". Anda tidak dapat bergerak selama beberapa saat ketika terbangun dari tidur anda. Tanda-tandanya anda akan merasa dada anda sesak, sulit bernapas dan leher anda sepertinya dicekik. Ini merupakan peristiwa yang normal dan tidak ada sangkut pautnya dengan roh halus.

Apa Penyebab terjadinya Sleep paralysis?
Hal ini dapat dijelaskan secara Medis. Dalam bidang kedokteran terdapat istilah REM(Rapid Eye Movement) yang merupakan fase dimana seseorang mengalami tidur yang paling dalam. Pada fase ini tubuh tidak berhubungan dengan otak sehingga terjadi paralisis(kelumpuhan) pada tubuh. Sleep paralysis itu akan terjadi ketika pikiran kita sudah keluar dari fase REM itu sementara tubuh kita belum berhubungan dengan otak.

Menurut Dr. Max Hirshkowitz, ahli dari sleep Disorder Center, Sleep Paralysis ini sering terjadi ketika otak mengalami transisi antara mimpi dengan kondisi sadar. Karena selama fase REM mimpi dalam, otak itu mematikan fungsi seluruh gerak tubuh sehingga tubuh tidak bisa bergerak.

Peristiwa ini bisa terjadi pada siapa saja baik itu laki-laki atau perempuan. Menurut survei, kebanyakan orang dewasa terlebih para remaja mengalami Sleep Paralysis ini.
Peristiwa ini tidak ada sangkut pautnya dengan penampakan hantu atau roh halus. Kebanyakan orang dan hampir semua yang mengalami Sleep Paralysis ini mengalami halusinasi. Kita seolah-olah melihat adanya penampakan semacam sosok yang berada diatas tubuh kita. Sosok yang menyeramkan dan sedang menindih tubuh kita dan dada kita akan terasa sesak, sulit bernapas dan serasa leher kita dicekik. itu merupakan halusinasi dari ketakutan saja. Otak akan mengirimkan gambaran yang kita takuti saat kita tidak dapat menggerakkan tubuh kita. Itu merupakan hal normal dan hanya respon otak kita saja.

Hal yang sering menyebakan terjadinya Sleep Paralysis ini adalah dikarenakan stres atau terlalu kelelahan. Maka mari kita biasakan istirahat yang cukup dan berolahraga secara teratur. Dan ada tips-tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah Sleep Paralysis ini.
Mengkonsumsi diet yang seimbang, banyak minum, jangan biarkan perut kosong sebelum tidur, jangan meminum kopi sebelum tidur dan tidur yang cukup dan teratur.

Posted by danihtbulu15 on 19.48. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Mitos Tidur Tertindih Roh Halus

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery